No icon

Ternate

Konoras : Gugatan Pasangan AGK-YA Ke MK, Ibarat Membuang Garam Ke Laut

TVCom, TERNATE- Tim hukum pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara (Malut) Nomor urut 1 Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar (AHM-RIVAI) mengaku, dalil permohonan gugatan calon petahana nomor urut 3 Abdul Gani Kasuba dan M. Ali Yasin (AGK-YA) ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dugaan kecurangan AHM-RIVAI dalam Pilkada Malut akan sia-sia.

“Pihak seberang yang menuduh AHM-RIVAI melakukan kecurangan adalah kecurang yang tidak signifikan. Maka itu, sama saja dengan mereka membuang garam ke laut,” ujar Muhammad Konoras tim hukum AHM-RIVAI saat di temui di pelataran kantor DPD I Golkar Malut,Selasa (25/7).

Kenapa tidak, Muhammad mengaku, Mahkamah Konstitusi hanya akan memutuskan perkara tentang sengketa perolehan suara yang mempengaruhi terpilihnya pasangan calon, bukan kecurangan administrasi. Karena, yang dapat melakukan itu adalah KPU,Bawaslu secara administrasi dan GAKKUMDU secara hukum.

“Oleh sebab itu, bagi kami persiapan- persiapan menghadapi kasus sangketa di MK dirasakan tidak terbebani karena proses pendaftaran calon sampai ke penghitungan suara sangat memenuhi prosedur yang sudah benar,” kata Konoras.

Sejauh ini, dalil gugatan pasangan AGK-YA lanjut Konoras, hanya berkaitan pelanggaran –pelanggaran sedangkan pelanggaran itu dinilainya tidak tunduk pada pemeriksaan MK.

Bisa berpengaruh pada hasil kemenagan No 1 apa bila Fom C1 berbeda dengan hasil KPU. Selain itu, kecurangan hanya bentuk pelanggaran administrasi, bukan hasil suara jadi saya nilai mereka hanya membuang garam ke laut ,” tandas Konoras.(DS)

Comment As:

Comment (0)