No icon

Tarian Daerah Musik Bambu Tada Pulau Morotai, Pecahkan Rekor Muri Dunia

TVCom, Morotai- Tarian Bambu Tadah oleh ribuan warga Kabupaten Pulau Morotai, Propinsi Maluku Utara, yang merupakan peserta Festival Morotai (Land Of Stories), pecahkan rekor muri dunia dengan peserta terbanyak oleh Museum Rekor Muri Indonesia, Rabu (07/ 08). Para peserta memperagakan atraksi musik tradisional bambu tadah/ sebagai simbol persatuan tanpa membedak-bedakan suku, agama dan ras. 

Bertempat di lapangan terbuka Desa Juanga Kabupaten Pulau Morotai, para peserta berjumlah 2 124 orang warga Morotai yang merupakan peserta itu, melakukan atraksi musik tradisional Bambu Tadah yang berlangsung meriah.

Peserta yang memegang potongan bambu kemudian menghentakan bambu diatas lantai yang menghasilkan alunan suara musik tradisional Morotai, disaksikan langsung Menteri Parawisata Arief Yahya serta ribuan masyarakat Pulau Morotai. 

Musik tradisional Bambu Tadah yang dimainkan  oleh  para peserta tersebut, terdiri dari orang dewasa hingga anak-anak dari berbagai kalangan, sebagai simbol hidup berkelompok untuk menjaga persatuan dan kesatuan tanpa membeda-bedakan agama, suku dan ras.

Meski sempat diguyur hujan, tidak menguragi semangat kekompakan dan upaya para peserta untuk terus menampilkan tarian yang terbaik. Alhasil, upaya yang dilakukan itu dapat meraih dan memecahkan Rekor Muri Nasional serta sekaligus dikukuhkan sebagai Rekor Muri Dunia oleh Museum Rekor Muri Indonesia sebagai peserta terbanyak.

Piagam penghargaan diserahkan oleh Awan Rahargo selaku Senior Manager Muri, yang diterima langsung Bupati Kabupaten Pulau Morotai, Benny Laos, disaksikan Menteri Parawisata, Arief Yahya.

Setelah mendapatkan Rekor Muri Dunia, Bupati bersama ribuan peserta Festival Morotai, menggelorakan semangat mereka atas pencapaian hasil yang maksimal. 

Selain atraksi musik Bambu Tadah, dalam ajang Festival Pulau Morotai tahun 2019 tersebut, juga di tampilkan sejumlah tarian kolosal dari beberapa suku di Indonesia, sebagai simbol untuk menyatukan keberagaman dan budaya Indonesia. (DS)

Comment As:

Comment (0)