No icon

Jakarta

Siswa Asal Sula, Sabet Penghargaan Jura 1 Kategori Produk Terbaik Ajang KJSA Di Jakarta

TVCom, JAKARTA- Tanggal 10-15 September 2018 kemarin, Adiana Naipon, salah satu siswa SD Inpres Kabau Darat, Kec. Sulabesi Barat, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, merupakan Salah satu dari 20 finalis dari ajang Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) 2018. KJSA merupakan ajang lomba penelitian bagi siswa SD/sederajat seluruh Indonesia. Berbagai aspek yang diperlombakan, meliputi Lingkungan hidup, makhluk hidup, Matematika, sains maupun gabungannya. Adiana Naipon didampingi oleh satu guru pembimbing atas nama Hamsia Duwila yang merupakan guru di SD Inpres Kabau Darat meneliti tentang Buah Butun atau Keben, dalam bahasa Sula Buah Tota, dengan nama Ilmiah Barringtonia Asiatica. Buah tersebut biasanya digunakan masyarakat Kep. Sula untuk menangkap Ikan di Kolam dalam jumlah yang banyak dalam waktu singkat. Dalam penelitiannya, ada 3 hal yang membedakan buah butun/tota dengan jenis potasium, secara aspek senyawa, buah butun bukan merupakan racun, namun hanya mengandung senyawa saponin yang merusak mata, sedangakn potasium merupakan racun yang menyebar ke seluruh tubuh. Aspek yang kedua, Buah butun/tota aman untuk tubuh sedangkan potasium tidak. Dan yang terakhir, buah butun aman untuk lingkungan sedangkan potasium membuat pencemaran lingkungan. 

Dalam kesempatan sebagai finalis KJSA 2018, Adiana Naipon dan Ibu Hamsia Duwila diundang ke Jakarta untuk presentasi hasil penelitiannya di depan Dewan Juri dengan seluruhnya dibiayai oleh panitia KJSA 2018. Dalam keberangkatannya didampingi juga oleh Sarmin Umasangadji (Kepala Desa Kabau Darat) dan Nathanael Aris Sudarsono ( Staff Kadis Pemberdayaan Anak dan perempuan). 

Dalam kegitan tersebut, Adiana Naipon merupakan wakil satu satunya perwakilan Indonesia timur (Sulawesi, Maluku NTT, NTB dan Papua). Sebagai hasilnya, Adiana Naipon berhasil menyabet penghargaan juara 1 di kategori produk terbaik.

Disesi lain, Adiana Naipon berkesempatan langsung berbicara dan salaman dengan Ibu Menteri Keuangan dan Menteri Pendidikan secara langsung. (Man)

Comment As:

Comment (0)