No icon

Sofifi

Alami Kerusakan, Dinas PUPR Malut Lakukan Perbaikan Jaringan Irigasi

TVCom, SOFIFI- Pemprov Maluku Utara melalui Dinas PUPR akan membangun bendungan baru di Desa Wayamli, Kecamatan Maba Tengah, Halmahera Timur. Proyek senilai Rp 14,3 miliar (Tepatnya Rp 14.384.000.000) yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang irigasi tahun 2018, dan dikerjakan oleh PT. Sari Tekhnik Canggih Perkasa itu, kini sudah memasuki tahapan persiapan kerja.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) DAK irigasi Dinas PUPR Malut, Mirza Achmad, ST, MT, mengatakan, kondisi bendungan yang dibangun sejak tahun 1992 silam, atau sudah sekitar 26 tahun itu, sudah rusak sejak dua tahun lalu, dan penggunaanya tidak lagi maksimal. Dengan adanya DAK tahun 2018, Dinas PUPR kata Mirza, Dinas PUPR langsung merancang pembangunan kembali bendungan Wayamli.

Lokasi Irigasi Wayamli, Haltim

“Proyek ini adalah pembangunan bendungan irigasi baru tahap pertama. Di tahun ini, pekerjaan masih sebatas bangunannya. Kemudian akan dilanjutkan di tahun 2019 dengan pekerjaan pembangunan saluran irigasi primer, dan di tahun berikutnya pembangunan saluran irigasi sekunder. Jika sudah tuntas, bendungan ini akan mampu mengairi kurang lebih 3000 hektar sawah di desa Wayamli,” kata Mirza.

Mirza menambahkan, bendungan ini menggunakan sungat Walat sebagai sumber utama air, sehingga bendungan ini sangat berpotensi mampu menghidupkan kembali denyut areal sawah ribuan hektare di Wayamli.(DS)

Comment As:

Comment (0)