No icon

Sofifi

Pemprov Malut Alokasikan Anggaran Rp. 83,2 Milyar Bangun Jalan Dan Jembatan

TVCom, SOFIFI- Pemprov Maluku Utara di tahun 2018 ini, mengalokasikan anggaran sebesar Rp 83,2 miliar (Tepatnya Rp 83.287.769.000), untuk penanganan jalan dan jembatan, baik ruas jalan provinsi maupun ruas jalan strategis menuju kawasan industri dan pariwisata.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku Utara, Djafar Ismail, SE, ST mengatakan, total dana tersebut hanya diperuntukkan guna belanja modal pada bidang jalan. Meski demikian, Djafar mengaku, anggaran itu masih sangat kecil, mengingat di wilayah Provinsi Maluku Utara yang memiliki panjang total ruas sekitar 1276,80 Km, masih tersisa sekitar 791,10 Km jalan yang belum terbangun dan rusak berat.

“Kalau bicara pemerataan pembangunan jalan, anggaran yang tersedia memang sangat kecil. Oleh karenanya, kami memaksimalkan penggunaan anggaran tersebut untuk membuka akses jalan bagi daerah-daerah pelosok, agar dapat meringankan atau meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” kata Djafar Ismail.

Sementara itu, data yang diterima TVCom.co.id menyebutkan, Dinas PUPR Malut saat ini sedang menyiapkan pelaksanaan beberapa proyek jalan dan jembatan. Proyek-proyek tersebut ada yang masih dalam tahap lelang dan ada yang sudah selesai.

Proyek yang masih dalam tahap lelang yakni peningkatan ruas jalan Bobong – Tikong, Taliabu, senilai Rp 9,2 miliar (Tepatnya Rp 9.226.869.000), pembangunan jalan ruas Wayaloar – Sum, Halmahera Selatan, senilai Rp 2,6 miliar (Rp 2.645.450.000), pembangunan jembatan Ake Buton Obi, Halmahera Selatan, senilai Rp 3,4 miliar (Tepatnya Rp 3.495.450.000), dan pembangunan jalan sentra Madopolo, Halmahera Selatan, senilai Rp 912,2 juta.

Sedangkan proyek yang sudah selesai proses lelang yakni pembangunan ruas jalan Gane Dalam – Gane Luar – Ranga-ranga, Halmahera Selatan, senilai dua miliar lebih. (DS)

 

Comment As:

Comment (0)