No icon

Asisten II Malut Secara Resmi Membuka Rapat Koordinasi Tim Pembina Jasa Konstruksi Daerah

TVCom, Sofifi- Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Anwar Husein, yang mewakili Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba, membuka secara resmi Rapat Koordinasi Tim Pembina Jasa Konstruksi Daerah yang dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Maluku Utara yang diikuti oleh 50 peserta dari kabupaten dan kota di Maluku Utara, diruang serbaguna Batik Hotel Kelurahan Kalumpang Kota Ternate Tengah, Kamis (04/ 07/ 2019).

Ketua panitia pelaksana, Erwin Daud Djaim,ST, menjelaskan, agenda yang dibicarakan dalam pelaksanaan rakor tim pembina jasa konstruksi tersebut, adalah pembahasan pembentukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berdasarkan amanat Peraturan Pemerintah (PP) nomor 12 Tahun 2017 tentang Pedoman Nomenklatur Peraturan Daerah yang melaksanakan urusan pemerintah bidang pekerjaan umum dan penataan ruang sera pembinaan dan penyelengaraan program OPD urusan Jasa Konstruksi. Lanjut Erwin, pembentukan OPD urusan Jasa Konstruksi sangat penting, karena anjuran Undang-undang (UU) nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah bidang PUPR dan Undang-undang (UU) nomor 2 tahun 2017 tentang jasa konstruksi mengamanatkan kewenangan pemerintah provinsi, terkait bidang jasa konstruksi, yaitu penyelenggaraan tenaga ahli konstruksi dan penyelenggaraan sistim informasi jasa konstruksi cakupan daerah provinsi.

Diacara yang sama, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Propinsi Malut, Anwar Husein, dalam memberikan sambutannya, mengatakan, saatnya bidang jasa konstruksi memiliki tenaga kerja yang ahli dan handal sesuai dengan ketrampilan yang dimiliki.

"Harapan saya, kepada seluruh peserta yang ikut dalam rapat koordinasi jasa konstruksi ini, agar selalu menjaga kekompakan baik saat mengikuti rakor maupun dalam menjalankan pekerjaan di bidang jasa konstruksi demi kemajuan infrastruksur di Maluku Utara", terang Anwar.

Rakor Bidang Jasa Konstruksi yang berlangsung selama dua hari itu, selain dihadiri Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) yang diwakili Kabid Bina Marga Daud Ismail,ST, turut pula dihadiri Direktur Kelembagaan dan Sumberdaya Jasa Konstruksi Kementerian PUPR Pusat, Kepala Balai Material dan peralatan Konstruksi, Kepala Balai Pelatihan Konstruksi Wilayah VII Jayapura, Ketua LPJK Maluku Utara, Asisten II dan Asisten III dari Pemkab dan Pemkot di Malut, serta sejumlah SKPD Pemprov Malut.

Kegiatan Rakor itu juga, menghadirkan narasumber dan Assesor dari Direktorat Jenderal Bina Konstruksi dan Balai Material Peralatan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). (DS)

Comment As:

Comment (0)